Navigation Menu

6 CARA MERAWAT KULIT AGAR TETAP CANTIK DAN SEHAT SETELAH MENOPAUSE


Klinik Kecantikan, - Menopause menyebabkan tubuh perempuan melewati beberapa perubahan besar akibat gejolak hormon. Salah satunya adalah perubahan kondisi kulit, seperti munculnya jerawat, kemerahan, hingga kulit kering atau berminyak yang padahal tadinya normal-normal saja. Tapi tenang, kulit keriput dan kendur bisa ditangkal dengan berbagai cara merawat kulit agar tetap cantik setelah menopause di bawah ini.

Kenapa Menopause Menyebabkan Penuaan Kulit?

Begitu menginjak menopause, tubuh Anda akan berhenti memproduksi kolagen yang membuat elastisitas kulit berkurang. Selain itu, kadar estrogen juga semakin menurun. kombinasi keduanya membuat kulit menipis, berkerut, dan lebih kering. Kurangnya kadar estrogen juga dapat membuat kadar testosteron menjadi lebih dominan, sehingga membuat kulit Anda berjerawat dan bertumbuh rambut halus di sekitar wajah.

Cara Merawat Kulit Agar Tetap Cantik Setelah Menopause

Meskipun Anda tidak bisa menghindari menopause, Anda tetap dapat mencegah perubahan kulit yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa cara merawat kulit cantik sebelum dan setelah masa menopause.

1. Jaga Kelembaban Kulit Anda


Seiring bertambahnya usia, kulit Anda akan menjadi lebih kering karena kelenjar minyak sudah tidak aktif algi. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan kulit, penting bagi Anda untuk menjaga kelembaban kulit Anda agar tetap terhidrasi. Penggunaan pelembab juga dapat membantu Anda melawan garis-garis halus akibat proses penuaan. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan rutin mencuci muka dan gunakan pelembab yang cocok untuk kulit anda atau produk-produk yang terjamin di klinik kecantikan.

2. Gunakan Tabir Surya


Berapapun usia Anda, tetaplah gunakan tabir surya setiap hari setiap akan keluar rumah untuk melindungi kulit Anda dari radiasi sinar matahari. Radiasi sInar UV matahari dapat menyebabkan kanker kulit. Pilih tabir surya dengan minimal SPF 30. Penggunaan tabir surya juga dapat membantu Anda memudarkan bintik kehitaman akibat proses penuaan kulit. Selain tabir surya, gunakan juga perangkat pelindung tambahan, seperti topi, sarung tangan, atau pakaian tangan panjang saat Anda beraktivitas di luar rumah.

3. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan


Saat Anda mengalami menopause, kadar estrogen tubuh dan produksi kolagen menurun. Akibatnya, kulit Anda akan kehilangan elastisitasnya. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit. Beberapa makanan yang kaya akan antioksidan adalah kacang-kacangan, serta buah dan sayur berwarna merah, seperti stroberi, anggur, apel. Sayur-sayuran juga tak kalah penting, lho! Perbanyak makan brokoli, kol, sawi hijau, bawang putih, tomat, dan wortel untuk mencukupi asupan antioksidan tubuh.

4. Olahraga


Berapapun usia Anda, olahraga adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Olahraga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen, yang secara alamiah akan melambat seiring bertambahnya usia. Sirkulasi yang optimal dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan sehat. Beberapa olahraga yang dapat dilakukan adalah senam aerobik, jalan kaki, yoga, berenang, dan olahraga ringan lainnya.

5. Tidur Yang Cukup


Kurang tidur dapat mengubah kadar hormon dan metabolisme, yang dapat memperburuk kesehatan kulit saat Anda menopause. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tidur yang cukup setidaknya 7 jam per hari.

6. Hindari Stres


Stres dapat membuat kulit Anda lebih kering dan lebih sensitif. Oleh karena itu, menghindari stres adalah salah satu cara merawat kulit yang paling baik. Kumpul bersama keluarga, jalan-jalan di pagi atau sore hari bersama teman/pasangan, berkebun, atau lakukan hal lain yang dapat membuat Anda lebih rileks.


BACA JUGA: Biar Makin Sehat Dan Mulus, Coba 5 Perawatan Kulit Wajah Ini

Demikian  informasi yang dapat kami bagikan untuk Anda sekalian. Kami berharap informasi ini dapat bermanfaat dan menjadi solusi untuk permasalahan Anda sekalian. Terimakasih sudah membaca dan nantikan informasi-informasi yang lain dari kami disini.


"Terima Kasih Atas Kunjunganya Smoga Artikel ini Bermanfaat"

0 coment:

- No Spam
- Berkomentar Dengan Sopan dan Baik